Cegah Karhutla, Kodim 0415/Jambi Tingkatkan Patroli Wilayah Rawan Karhutla

    Cegah Karhutla, Kodim 0415/Jambi Tingkatkan Patroli  Wilayah Rawan Karhutla

    JAMBI - Prediksi puncak musim kemarau pada 2023 terjadi pada bulan Agustus - September, akan tetapi memasuki bulan Oktober ini cuaca masih sangat panas. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya karhutla. 

    Diprediksi musim kemarau masih akan berlangsung hingga akhir bulan. Musim kemarau akan memperparah potensi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) disejumlah wilayah di Prop. Jambi.

    Untuk diketahui, Satgas Karhutla Provinsi Jambi telah berupaya melakukan mitigasi kebakaran hutan sebaik mungkin. Beberapa upaya yang dilaksanakan antara lain memetakan wilayah yang rawan terbakar. 

    Selain itu juga dilakukan pengelolaan kawasan hutan dengan membuat ilaran, sekat bakar dan sekat kanal, pembuatan embung air, dan pengembangan hutan kemasyarakatan. Juga diadakan pelatihan penanggulangan bencana dan pengembangan inovasi pengendalian karhutla serta patroli rutin karhutla.

    Guna meminimalisir dan melakukan upaya pencegahan karhutla, Kodim 0415/Jambi melakukan patroli Pengamanan dan Pencegahan Bencana Karhutla di Kecamatan Kumpeh Ulu Kab. Muaro Jambi, Sabtu (7/10). 

    Kegiatan patroli ini rutin dilakukan oleh Satgas Karhutla, edukasi dan pendekatan secara persuasif terus dilakukan agar masyarakat dikawasan rawan karhutla mau ikut berperan aktif dalam menjaga kawasan hutan dan lahan dari bencana kebakaran. 

    Dikutip dari pesan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M selaku Plh Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi saat rapat koordinasi penanganan karhutla di Kabupaten Tebo beberapa hari yang lalu. Ditegaskan bahwa kerjasama lintas instansi menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi situasi karhutla. Dipastikan dengan adanya kerjasama dari semua pihak, akan dapat mengelola penanganan karhutla secara tuntas. 

    Selaras dengan penanganan karhutla oleh Satgas, Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol menegaskan akan mendukung sepenuhnya upaya-upaya yang dilakukan. Kekuatan personel Kodim 0415/Jambi beserta perangkatnya dapat digunakan dalam penanganan karhutla secara masif. 

    Dandim juga mengingatkan dampak negatif karhutla terhadap lingkungan dan makhluk hidup. Kewaspadaan terhadap potensi karhutla harus diupayakan oleh semua orang. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk penanganan karhutla agar lebih efektif, ujar Dandim.(IS/put) 

    jambi kodim 0415/jambi letkol arm eko pristiono jambi kodim 0415/jambi letkol arm eko pristiono
    solmi

    solmi

    Artikel Sebelumnya

    Dandim 0415/Jambi Senam Bersama di Mayonif...

    Artikel Berikutnya

    Disambut Secara Adat, H Mukti Masuki Rumah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Al Haris Terus Genjot Realisasi Dumisake Pendidikan dan Merdeka Belajar
    Program Dumisake Kesehatan Gubernur Jambi Al Haris Dirasakan Langsung Warga Miskin
    Serahkan 799 SK PPPK, Wako Ahmadi: Pemkot Sungai Penuh akan Terus Perjuangkan Nasib Tenaga Honorer
    Wagub Sani: Ponpes Agen Perubahan Tingkatkan SDM
    Gunernur Al Haris Hadiri  Halal Bi Halal,  APDESI Jambi Solid Dukung Program Jambi Mantap 

    Ikuti Kami