Peringatan Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi Ajak Masyarakat Hormati Pejuang

    Peringatan Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi Ajak Masyarakat Hormati Pejuang

    JAMBI - Pemprov Jambi kembali menggelar upacara memperingati peristiwa sejarah Pertempuran Simpang Tiga Sipin yang dilaksanakan di Tugu Juang Jl. Kol. Abunjani RT. 17 Kel. Selamat Kec. Danau Sipin kota Jambi, Jum'at (29/12/2023). 

    Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai tanda untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Simpang Tiga Sipin. 

    Seperti kita ketahui bahwa peristiwa Pertempuran Simpang Tiga Sipin terjadi pada tanggal 29 Desember 1949. Pertempuran ini menewaskan banyak tentara, pejuang dan rakyat Jambi. Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin merupakan salah satu bukti sejarah saat rakyat Jambi melawan Belanda. Secara nasional terjadi momentum peristiwa penting yang harus dikenang. 

    Kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin dilaksanakan dengan khidmat dengan Irup Gubernur Jambi yang diwakili Asisten 3 bidang Pemerintahan dan SDM serta bertindak sebagai Danup Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito. 

    Menurut Dandim, melalui Mayor Irfan bahwa kegiatan upacara ini dapat dijadikan sebagai momen instropeksi diri, seberapa jauh kita berjuang untuk membuat Jambi lebih maju. 

    "Kita sebagai penerus bangsa hendaknya tidak mudah melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi dalam melawan penjajah yang terjadi di Simpang Tiga Sipin ini. Kita juga harus bisa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing." tandasnya.

    Saat kegiatan upacara tersebut, inspektur upacara turut meletakkan karangan bunga untuk menghormati jasa para pejuang yang gugur dalam peristiwa heroik pertempuran Simpang Tiga Sipin. 

    Danramil Telanaipura menambahkan, masyarakat Jambi khususnya generasi muda diharapkan dapat mengambil pelajaran atas dilakukannya kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin ini. 

    "Sekali lagi, kita tidak boleh melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi, kita harus mampu mencontoh semangat juang para pahlawan dan pejuang yang gugur untuk bersama-sama membangun merawat, menjaga serta membangun Jambi, " ujarnya. (IS/put) 

    jambi kodim 0415/jambi
    solmi

    solmi

    Artikel Sebelumnya

    Kodim 0415 Jambi Hadiri Apel Kesiapsiagaan...

    Artikel Berikutnya

    Kombes Pol Mulia Prianto : Malam Pergantian...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Al Haris Terus Genjot Realisasi Dumisake Pendidikan dan Merdeka Belajar
    Program Dumisake Kesehatan Gubernur Jambi Al Haris Dirasakan Langsung Warga Miskin
    Serahkan 799 SK PPPK, Wako Ahmadi: Pemkot Sungai Penuh akan Terus Perjuangkan Nasib Tenaga Honorer
    Wagub Sani: Ponpes Agen Perubahan Tingkatkan SDM
    Gunernur Al Haris Hadiri  Halal Bi Halal,  APDESI Jambi Solid Dukung Program Jambi Mantap 

    Ikuti Kami